Dheka Dwi Agusti N.

Dheka Dwi Agusti N.

Dheka Dwi Agusti N. lahir dari rahim ibunda tercinta Mursilah pada 14 Agustus 1986, di Bandung. Anak kedua dari tiga bersaudara yang kerap dikata nakal ini, memang senang melakukan hal yang dianggapnya menyenangkan. Tidur dan bermimpi pun dinobatkan sebagai hobinya, barangkali warisan dari Ayahanda Tri Joko yang sangat rajin tidur. Meski tak suka belajar dan sering berkelahi sampai mimisan, tetapi di rapot SDnya tertera kata peringkat pertama selama 6 tahun. Alergi terhadap organisasi, tetapi tak sadar ternyata pernah juga menjadi Pratama Utama Putri di SMP 31 Bandung. Alumni SMA 12 Bandung ini menganggap bahwa pelajaran di sekolahnya sama dengan karya absurd. Belajar di kelas sering membuat kepalanya panas dan dikompres dengan handuk basah. Karena sulit menghapal, ia pun menggubah materi kimia tentang Sintesis Protein menjadi sebuah pertunjukkan teater, dan menganalogi pelajaran sejarah menjadi sebuah diary.

Di perpustakaan pojok SMAnya, terpaksa ia mulai sering membaca. Di ruang pelarian bagi anak-anak yang kesiangan inilah akhirnya ia pun jatuh cinta pada buku berdebu dan kesenyapannya, hingga kerap meninggalkan kelas yang riuh jika tak ada guru dan menyepi di balik rak buku. Karya-karyapun lahir berupa puisi, cerpen, artikel, berita dan dimuat di beberapa media cetak kota Bandung, sedang honornya selalu habis untuk mentraktir. Profesi yang dijalani semasa SMA (2002-2004) sebagai penulis lepas di HU. Galamedia telah mengantarnya langsung untuk duduk di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, sebagai lulusan seleksi jalur PMDK UPI. Sebuah kejutan bagi orangtua dan guru-guru yang tak satupun pernah merasa mendaftarkannya. Menuntut ilmu di Jurusan ini akhirnya terpaksa dilakoninya sebab tak lulus SPMB karena alasan klasiknya yaitu tertidur ketika ujian. Beruntung pada tahun 2005 ia lulus seleksi program reporter kampus dan mulai menapaki aktivitas barunya sebagai reporter berita radio MQ FM Bandung.

D” -begitu ia akrab disapa, memang tak lahir dari keluarga pecinta baca, dan tak setetes pun darah seni mengalir di tubuhnya. Tersesat di dunia sastra lagi-lagi membuatnya harus berjalan sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, dan mulai kembali bermimpi. Pada tahun 2007, bersama kawan-kawan sastra angkatan ‘05 mengantologikan bersama puisi anak berjudul Crayon Cilik. Sementara pada tahun 2008 ini, antologi puisi juga tengah dalam proses penyusunan bersama kawan-kawan sastra angkatan’04. Pada tahun ini pula antologi puisi anak yang digagasnya diterbitkan oleh Komisi Perlindungan Anak Daerah Bandung dan launching pada peringatan Hari Anak Nasional.

Kala perkuliahan mulai merapat pada akhir jenjang, seperti bermimpi ia memutuskan untuk pindah konsentrasi dari ilmu Linguistik ke Sastra. Kesempatan ini mau tidak mau membuatnya akrab dengan setumpuk sks dan angkatan bawah. Tetapi, baginya bersama anak jalanan & tahanan anaklah dunia pendidikan menampakkan wujud aslinya. Selesai mengikuti lawatan budaya dan magang di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, saat ini ia tengah menulis skenario dan mempersiapkan sebuah pementasan teater bersama anak-anak di rumah tahanan Kebon Waru Bandung. Lalu, bersiap untuk plesir keliling Priangan sambil menginventaris kaulinan budak yang masih tersisa. Sebuah karya lainnya juga tengah dipersiapkannya sebagai tugas pamungkas sebelum meninggalkan almamaternya, yakni penelitian terhadap gaya bahasa figuratif anadiplosis dalam kawih kaulinan budak yang berkembang di masyarakat Sunda, sebagai suatu kajian etnosemiotika. Penulis yang tak senang sibuk ini dapat dihubungi melalui email dd_agusti@yahoo.co.id, atau 08996812447.

1 Komentar

  1. dhitz said,

    1 Juni 2009 pada 10:50

    keren yakz puisina oukay loh pi aku penasaran dengan si istri yang menunggu si suami


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: